Pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2023 Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah yang ada dilingkungan Fakultas, dengan peserta para pengelola jurnal yang ada di fakultas seperti Jurnal Sainmatika dengan peringkat Sinta 3 , Jurnal Indobiosains dengan perigkat sinta 5, Jurnal Jupiter lagi diproses akreditasinya dan Jurnal Esjo.

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumsel terus melakukan terobosan dalam memaksimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mulai dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dibidang penelitian, UPGRIP mendorong semua Fakultas untuk untuk mampu melakukan pengelolaan dan publikasi jurnal. Baik Jurnal Nasional terakreditasi maupun pada Jurnal Internasional bereputasi.

Berangkat dari hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP melaksanakan kegiatan pelatihan dan workshop pengelolaan jurnal yang digelar di Gedung Business and Science Center, Ruang 402, Sabtu, (27/5/2023).

Workshop ini ditujukan bagi seluruh pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi termasuk di dalamnya jurnal-jurnal yang dikelola oleh Program Studi Fisika, Biologi dan Sains Linkungan, dengan meliputi jurnal Sainmatika, Indobiosains, jupiter dan Esjo.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR, didampingi oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Turut hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Wakil Dekan sekaligus Ketua Panitia Dr. Andi Arif, M.Si., para pengelola jurnal, dosen, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Dr. Andi Arif, M.Si. dalam laporannya mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas manajemen jurnal dilingkungan Fakultas Sains dan teknologi dan untuk meningkatkan akreditasi jurnal.

Kegiatan ini dinarasumberi oleh para dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Lingkungan UPGRIP yang telah mengikuti pelatihan OJS 3 yakni Atina M.Si., Yunita Panca Putri, M.Si., Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., Dr. Wahyu Saputra, M.Si. “Kegiatan workshop ini juga diikuti oleh 31 peserta yakni para dosen dan pengelola jurnal Fakultas Sains dan Teknologi serta divisi IT,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes mengatakan Pelatihan jurnal ini diharapkan jurnal yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi akan terus meningkat secara kualitas dan kuantitasnya. “Dan para pengelola jurnal di lingkungan FST akan semakin profesional didalam mengelola jurnal yang ada, Saat ini jurnal Fakultas yg ada yaitu Sainmatika dengan peringkat Sinta 3, jurnal Indobiosains prodi Biologi dengan peringkat Sinta 5, jurnal Jupiter di prodi Fisika, dan jurnal Esjo di prodi Sains Lingkungan. Keempat jurnal ini pada tahun ini sedang persiapan akreditasi dan diharapkan adanya

workshop pelatihan pengelolaan jurnal ini baik dari segi teknis, kaidah ilmiah dan etika publish pada jurnal, akan meningkatkan peringkat akreditasi jurnal” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi penuh dan menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini sangat penting dan Universitas sangat mensupport.

“Ini merupakan kegiatan sebagai jawaban menghadapi era 5.0 dan secara institusi sangat menyambut baik, karena ending dari segala penelitian dan pengabdian adalah publikasi, baik pada Jurnal Nasional terakreditasi maupun pada Jurnal Internasional bereputasi,” kata Yasir.

Pihaknya berharap kedepannya Jurnal yang ada di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP ke depannya naik peringkat akreditasinya seiring dg peningkatan kualitas pengelolaan jurnalnya.

SAMBUTAN WAKIL REKTOR PADA ACARA PELATIHAN
PENGELOLAAN JURNAL ILMIAH FAKULTAS SAINTEK UPGRIP
SAMBUTAN DEKAN PADA ACARA PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL ILMIAH FAKULTAS SAINTEK UPGRI PALEMBANG

Para Narasumber