Salah satu Fakultas yang menjadi favorit masyarakat dalam menempuh Pendidikan Tinggi di Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) adalah Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Pasalnya, para alumni FST telah banyak sukses, bahkan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pasalnya, lulusan yang dihasilkan adalah lulusan yang professional dan berkualitas serta memiliki kepribadian yang baik. Organisasi kemahasiswaan selalu disupport untuk mengembangkan keterampilan soft skill berorganisasi mahasiswa begitu juga kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat.

Demikian dikatakan Dekan FST UPGRIP Dewi Novianti, S.Si., M.Kes. Menurutnya, UPGRIP memiliki visi menjadi Fakultas yang unggul, berdaya saing dan berkarakter dalam pengembangan Sains dan Teknologi berbasis mutu di Indonesia.

Untuk mencapai visi tersebut berbagai Upaya yang fakultas lakukan dibawah kepemimpinan mulai dari melengkapi sarana dan prasarana Pendidikan dan penelitian, meningkatkan sumber daya manusia dosen, tenaga kependidikan, membekali mahasiswa dengan kemampuan hard skill dan soft skill seiring dengan perkembangan dan kemajuan era industry 4,0 society 5,0.

“Sehingga saat ini para alumni FST UPGRIP banyak sukses dalam meniti karier di berbagai daerah di Indonesia. Baik di BUMD, BUMN maupun corporate swasta bergengsi lainnya,” ujarnya.

Dewi Novianti, S.Si., M.Kes menambahkan bahwa selain itu para dosen merupakan dosen professional bersertifikat serta selalu memenangkan hibah-hibah yang diselenggarakan oleh kemendikbud ristek. Pembelajaran berpusat pada student center, 60% perkuliahan adalah praktek di laboratorium maupun di lapangan, kurikulum menggunakan Merdeka belajar-kampus Merdeka. Kegiatan- kegiatan yang dilakukan memfokuskan pada visi misi yang telah dibuat. Berbagai kemudahan didalam pembelajaran seperti system hybrid class, problem solving, proyek pembelajaran dilakukan.

Dan tak kalah menarik, di FST UPGRIP tersedia juga berbagai beasiswa diantaranya Beasiswa Kartu Indonesia Pintar, Beasiswa bagi anak guru, beasiswa dari Bank BRI, pemerintah daerah dan masih banyak lainnya.
Berbagai Kerjasama dengan instansi dilakukan untuk memperkuat jejaring. Puluhan Kerjasama diantaranya dengan berbagai sekolah di wilayah Sumatera Selatan, perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, BRIN, Instansi pemerintahan, dan berbagai perusahaan.

“Fakultas sains dan teknologi saat ini memiliki tiga program studi yaitu program studi Biologi, Fisika, dan Sains Lingkungan. Kedepannya akan dibuka program studi Kimia. Semua program studi tersebut memiliki banyak keunggulan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Fisika Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si menambahkan bahwa saat ini semua Program Studi di UPGRIP terus melakukan berbagai inovasi. Dan Program Studi Fisika memberikan pengalaman yang luar biasa di mana para dosen-dosennya sangat bersahabat dan mudah diajak diskusi, membuat belajar jadi lebih mudah dipahami.

Selain itu, melalui perkuliahan ini bisa mengembangkan diri dalam banyak hal, seperti bergabung dengan HMPS untuk ikut dalam kegiatan yang memperluas wawasan dan keterampilan sosialmu. Kamu juga bisa gabung dalam grup penelitian, seperti grup baterai, Arduino, atau Coding Microsoft, yang membantu Kamu mengembangkan keterampilan teknis dan pengetahuannya. Ada juga Physics English Club untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

“Semua ini menunjukkan bahwa Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas PGRI Palembang adalah tempat yang bagus untuk pengembangan dirimu dan mengejar cita-citamu,” terangnya.

Senada dengan itu dikatakan Kaprodi Biologi Dian Mutiara, M,,Si bahwa pihaknya terus mengembangkan mutu prodi dan lulusan. Hal utama yang dilakukan prodi adalah mewujudkan visi misi prodi dengan meningkatkan mutu pada Tridharma Perguruan Tinggi. Saat ini Prodi biologi sedang melakukan percepatan meningkatkan mutu Dosen dengan studi Doktor sehingga meningkatkan mutu pembelajaran.

Pelaksanaan PKM yang bermutu dan menjalin kerjasama dengan beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta. prestasi akademik Mahasiswa yang telah dicapai secara nasional, dalam tahun ini adalah sebagai penerima hibah Kewirausahaan Kemenpora. Untuk skala universitas mahasiswa Biologi dengan prestasi non akademik Runner up 1 Bujang Gadis Kampus, juara tiga PSHT Open turnamen piala kapolda Sumsel, Juara satu Pengkab ISI Pali. fasilitas pembelajaran dilengkapi dengan laboratorium dan green house yang memadai.

Eksploitasi sumber daya alam dan lingkungan yang semakin besar dewasa ini telah memicu kerusakan sumber daya alam dan lingkungan. Program Studi Sains Lingkungan hadir dalam upaya menyiapkan SDM untuk mengantisipasi berbagai macam penyebab dan dampak dari kerusakan lingkungan.

“Ini terlihat dari profil lulusan program studi Sains Lingkungan diantaranya sebagai pengelola lahan basah ramah lingkungan dan berkelanjutan, perencana kebijakan bidang lingkungan, konsultan bidang lingkungan dst. Sains Lingkungan merupakan disiplin ilmu yang mengkaji keselarasan interaksi antara lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan buatan,” urainya.

Disiplin ilmu yang relatif baru ini berperan dalam melindungi alam dari dampak aktivitas antropogenik dan sekaligus berperan melindungi manusia dari dampak negatif yang diakibatkan oleh alam. Program studi Sains Lingkungan berkonsentrasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup khususnya ekosistem lahan, pangan dan energi yang merupakan ciri khas berbagai wilayah di Indonesia khususnya Sumatera Selatan.

Saat ini program studi Sains Lingkungan Universitas PGRI Palembang merupakan satu-satunya yang ada di pulau sementara. Hal ini tentunya akan membuka peluang kerja yang besar bagi para alumni program studi Sains Lingkungan. Keberadaan program studi juga membuka peluang bagi karyawan instansi terkait dan dunia industri untuk melanjutkan studi di bidang lingkungan, terbukti saat ini mahasiswa program studi lingkungan bukan hanya dari kalangan siswa sekolah namun juga dari karyawan.

Program studi Sains Lingkungan memiliki keunggulan dibandingkan dengan program studi sejenis yang ada di Indonesia dikaji dari aspek pengembangan keilmuan, kajian capaian pembelajaran, karena memiliki konsentrasi bidang ilmu yang spesifik mempelajari lingkungan khususnya lahan basah. Selain itu, peningkatan mutu pembelajaran, Tridharma Perguruan Tinggi dan kualitas SDM terus dilakukan.

” Dan permasalahan dalam pengelolaan lahan basah yang berkelanjutan tidak saja terjadi secara lokal di Sumsel, tetapi juga menjadi permasalahan nasional dan internasional sehingga program studi ini nantinya dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut baik dalam level nasional maupun internasional,” ujar Kaprodi Yunita Panca Putri, M.Si.