Kembali digelar penyamaan persepsi pembimbingan penulisan skripsi TA 2023/2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sesuai dengan kalender akademik fakultas, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keseragaman dan petunjuk kepada mahasiswa dalam penulisan skripsi di Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang

Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan ketua panitia pelaksana dalam hal ini disampaikan oleh Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si dan dilaporkan juga bahwa acara ini di dengan peserta seluruh dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan oleh Ibu dewi Novianti, S.Si, M.Kes , dalam sambutannya mengatakan dengan kegiatan ini adanya persamaan dalam pembimbingan, antar dosen pembimbing dan dosen penguji.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Rektor Universitas PGRI Palembang yang disampaikan oleh Assoc. prof Drs. Sukardi, M.Pd sekaligus membuka penyamaan persepsi pembimbingan penulisan skripsi. dan diakhiri dengan foto bersama.

Ketua panitia sekaligus Wakil Dekan Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si, dalam laporannya mengatakan semua narasumber dalam acara ini adalah para dosen yang berasal dari Fakultas Saintek yakni Prodi Biologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes memaparkan tentang ‘Kebijakan Penyusunan Skripsi’ Dian Mutiara, S.Si., M.Si memaparkan tentang ‘Penentuan Topik, Judul, Abstrak, Pendahuluan dan Kesimpulan’

Program Studi Fisika Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si memaparkan tentang ‘Metodologi Penelitian’ , Rahmawati, M.Pd. tentang ‘plagiarisme, Teknik, Pengutipan Pustaka’

Sedangkan Program Studi Sains Lingkungan Dr. Andi Arif Setiawan, M.Si memaparkan tentang ‘Mekanisme Penyusunan Skripsi dan Standar Penilaian’ dan Yunita Panca Putri, S.Si., M.Si tentang ‘Hasil dan Pembahasan’.
Sambungnya, peserta dalam acara persamaan persepsi ini berjumlah 19 orang dengan rincian 6 orang dari Program Studi Biologi, 6 orang dosen Program Studi Fisika, dan 7 orang dari Sains Lingkungan

“Kegiatan ini diadakan untuk mendiskusikan dan menyamakan pendapat dalam penyusunan skripsi, mulai dari usul judul penelitian (proposal) skripsi, pelaksanaan penelitian, penyusunan makalah seminar hasil penelitian skripsi, pembuatan artikel dan ujian akhir skripsi,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Saintek Universitas PGRI Palembang Dewi Novianti, S.Si., M.Kes mengatakan digelarnya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dosen pembimbing skripsi sesuai dengan gaya selingkung. Tujuannya untuk mensosialisasikan pedoman penulisan skripsi Fakultas Saintek Universitas PGRI Palembang, mencapai kesamaan persepsi pembimbing skripsi dalam pembimbingan skripsi, dan sebagai ajang sumbang sharing atau berbagi dalam proses penerbitan publikasi Nasional maupun Internasional.serta menjamin kompetensi lulusan sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi yaitu KKNI Level 6.

“Selain itu workshop tersebut bertujuan untuk mendapatkan satu kesamaan persepsi dan standarisasi kompetensi para dosen pembimbing skripsi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi,” urainya.

Adapun kegiatan ini diperuntukan bagi dosen pembimbing tugas akhir dan mahasiswa program studi, diadakannya kegiatan ini guna memberikan pembekalan kepada dosen pembimbing tugas akhir dan mahasiswa mengenai outline tugas akhir dan memberikan persamaan persepsi terhadap dosen pembimbing tugas akhir,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof Drs. Sukardi, M.Pd., berharap melalui Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Skripsi para dosen dapat membimbing mahasiswa dalam menulis skripsi dengan baik.

“Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan Dosen Pembimbing Skripsi Program S-1 agar mahasiswa yang dibimbingnya dapat menyelesaikan skripsi lebih terarah, kreatif, dan inovatif, sekaligus lebih cepat dan lebih baik secara kuantitas maupun kualitasnya serta mahasiswa lulus tepat waktu,” pungkasnya.